Tips Sehat Memakan Sayuran dan Buah

Masa Penyembuhan? Ini Dia Rekomendasi Diet Pemulihan Covid 19 dari WHO

Saat menjaga diri atau ingin kesembuhan melawan Covid 19, bukan hanya vitamin dan obat-obatan saja yang perlu diperhatikan tetapi asupan makanan harus kamu perhatikan. Berikut ini adalah diet Pemulihan Covid 19 yang direkomendasikan oleh WHO.

Diet Pemulihan Covid 19 dengan Sayuran dan buah

Pertama WHO merekomendasikan untuk selalu makan buah dan sayuran yang beragam dalam proses penyembuhan dari infeksi Covid 19. Setiap hari, seorang penderita Covid 19 baiknya mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna seperti nasi, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan.

Akan lebih baik jika konsumsi makanan berasal dari sumber hewani juga diperbanyak seperti daging, ikan, telur dan susu. Jika bisa pilih sumber karbohidrat yang memiliki ikatan ganda slot online. Oat adalah salah satu sumber karbohidrat yang sangat direkomendasikan. Selain mengurangi jumlah gula, kandungan serat yang baik membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat sehingga dapat meningkatkan imun tubuh.

Kurangi konsumsi garam

Hal lain yang harus perhatikan menurut WHO untuk makanan sehat di masa penyembuhan Covid 19 adalah makanan yang minim garam. Pada dasarnya, manusia hanya bisa mengonsumsi 5 gram garam setiap harinya. Akan tetapi saat ini ada banyak sekali makanan yang mengandung banyak garam. Mulai dari snack atau camilan, saus dan masih banyak lagi sumber garam yang tinggi.

Akan lebih baik jika kamu mengurangi konsumsi makanan-makanan dengan kadar garam yang tinggi seperti ini. Contohnya sayuran dan buah dalam kaleng. Minuman di etalase toko dan makanan jadi lainnya. Akan lebih baik jika mulai memasak sendiri dan mengurangi makanan instan.

Konsumsi lemak dan minyak dalam jumlah moderate

Lemak dan minyak sangat baik. Akan tetapi ingat tidak semua lemak dan minyak baik untuk tubuh kamu. Di masa penyembuhan Covid 19, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi lebih banyak minyak dan lemak yang sehat. Misalnya olive oil dan lemak dari ikan.

Hindari makanan berlemak dan berminyak trans karena dapat mengganggu metabolisme dan pencernaan. Jika bisa konsumsi makanan yang dimasak dengan cara di kukus atau di rebus. Ini akan membantu mengurangi makanan konsumsi minyak dan lemak buruk.

Kurangi konsumsi gula

Bukan hanya garam dan lemak. Jumlah gula yang kamu konsumsi juga harus dikurangi. Hindari minuman energi dan minuman di etalase toko karena selain tinggi sodium, gula kandungannya juga tinggi. Selain minuman, hindari juga makanan seperti snack, cookies dan juga cake manis.

Jika ada salah satu anak di rumah kamu yang juga menderita Covid 19. Usahakan menghindari memberikan mereka minuman dan makanan yang tinggi gula dan garam. Apalagi jika anak berusia di bawah 2 tahun, usahakan selalu berikan makanan sehat untuknya!

Konsumsi cukup air

Menghidrasi tubuh sangat penting untuk membantu mengoptimalkan kesehatan kamu. Apalagi jika kamu mengalami gejala demam, minum air putih yang cukup untuk tubuh kamu sangat penting. Ingat setiap orang membutuhkan jumlah air yang berbeda. Banyaknya jumlah air yang kamu konsumsi harus sesuai dengan berat badan kamu.

Untuk tahu berapa kebutuhan minuman kamu tiap harinya, kamu bisa membagi berat badan kamu dengan besaran 30. Misalnya kamu memiliki berat badan 75 kg, maka jumlah air yang harus kamu konsumsi tiap harinya adalah 2,5 liter. Jangan lupa pastikan lengkapi Diet Pemulihan Covid 19 dengan air putih dan bukan air berasa ya!


Comments are closed.