Jangan Lalai, Ini Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Masa Pandemi

Indonesia saat ini sedang memasuki pandemi gelombang kedua atau second wave dengan lonjakan jumlah kasus positif Covid-19 sudah mencapai 2.284.084 per tanggal 4 Juli 2021. Selain itu, disusul munculnya virus varian delta dan kappa dengan penularan yang lebih cepat. Di tengah kondisi seperti ini, menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang wajib dilakukan.

Terlebih meningkatkan imunitas agar lebih responsif melawan virus yang bisa masuk kapan saja ke dalam tubuh. Berikut rekomendasi tips sederhana yang bisa Anda dan keluarga lakukan demi menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Kala Pandemi Covid-19

Terapkan Pola Makan Sehat

Jika ingin meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh terhadap virus, artinya Anda harus memperhatikan pola makan. Menerapkan pola makan yang sehat salah satunya dengan mengatur frekuensi makan.

Memang, umumnya orang Indonesia makan tiga kali dalam sehari. Meski begitu, Anda perlu tahu jika baik kebutuhan asupan gizi maupun kemampuan menyarap nutrisi setiap orang berbeda-beda.

Sebagai contoh, jika Anda memililki riwayat sakit asam lambung, sebaiknya jangan makan terlalu banyak dalam satu momen. Cobalah untuk makan lebih sedikit dengan frekuensi yang lebih sering. Beberapa ahli menganjurkan untuk makan 2-3 jam sekali.

Hal tersebut guna mencegah naiknya kadar asam lambung yang sehingga lambung terasa perih bahkan mengalami mual dan muntah.

Selain frekuensi makan, mulai perhatikan kandungan gizi dari makanan yang Anda konsumsi. Karbohidrat, protein, vitamin dan zat besi harus terpenuhi sehingga Anda tetap dapat menjalani aktivitas dalam kondisi bugar dan imunitas tubuh terbentuk dengan baik.

Cukupi Asupan Air dalam Tubuh

Perlu diingat, kalau hingga 60 persen tubuh manusia diisi oleh cairan. Maka dari itu, jangan sampai tubuh Anda kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi.

Kondisi tersebut sangat tidak baik bagi tubuh manusia. Selain berperan sebagai penyebab gangguan pencernaan, dehidrasi berdampak tidak baik pada suasana hati Anda. Hanya karena kurang minum air putih, Anda menjadi tidak semangat menjalankan rutinitas.

Lebih dari itu, minum air putih Masterpoker88 Asli berperan meningkatkan daya tahan tubuh dari serang virus. Air putih yang utama, tapi Anda dipersilakan untuk mengisi cairan dalam tubuh dengan kopi atau teh selama dalam kadar wajar. Jika berlebih, Anda akan kesulitan tidur, padahal istirahat juga hal yang penting dalam peningkatan daya tahan tubuh.

Istirahat Cukup

Ada banyak sekali dampak positif yang bisa Anda peroleh hanya dengan memperhatkan tubuh melalui cara istirahat. Istirahat cukup bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Hal ini tentu saja penting agar sistem tubuh dapat bekerja maksimal dibutuhkan, seperti halnya melawan virus Covid-19.

Pasalanya, beberapa respon imun tubuh penangkal virus hanya dapat bekerja dengan baik saat tubuh manusia dalam keadaan tidur. Tidak hanya itu, dengan istirahat cukup Anda akan mampu mengendalikan stres sekaligus lebih fokus menyelesaikan pekerjaan.

Olahraga Teratur

Anda mungkin bingung olahraga apa yang bisa Anda lakukan agar tetap menjalankan physical distancing dan terhindar dari kemungkinan penularan virus Covid-19. Padahal, hanya dengan senam dan meregangkan tubuh di bawah sinar matahari pagi dampaknya sudah baik bagi tubuh Anda.

Tubuh akan menjadi lebih bugar karena memperoleh vitamin D yang cukup. Tidak hanya itu, olahraga ringan di pagi hari juga mampun meningkatkan kesehatan tulang Anda.

Selain melakukan keempat aktivitas yang disaranakn di atas, jangan lupa agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, dan menggunakan masker.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *