Susu almond salah satu alternatif sehat pengganti susu kedelai

Ilustrasi Sehatnya Susu Kedelai

BIGTUPPERBREWING – Berbicara tentang kalsium, maka tidak akan jauh topik pembahasan kita mengenai susu. Seperti kita tahu susu mengandung banyak vitamin, nutrisi dan yang pastinya kalsium yang sangat berguna untuk kesehatan tulang. Namun tidak sedikit juga yang tidak menyukai susu dan bahkan ada juga yang alergi akan susu, terutama susu sapi.

Siapa yang tidak tahu kalau susu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk pertumbuhan tulang dan gigi, tapi yang perlu diingat adalah bahwa susu mempunya kadar lemak yang cukup tinggi. Untuk itu susu juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebih. Anak – anak sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu asal sesuai dengan anjuran.

Oleh karena itu seiring dengan perkembangan seperti situs Mpo88 zaman, semakin banyak penelitian dilakukan untuk mencari pengganti susu sapi, dengan harapan agar mereka yang tidak mengkonsumsi susu sapi dan yang alergi susu sapi tetap dapat menikmati susu.

Salah satu pilihan pengganti susu sapi adalah susu soya, seperti namanya sudah pasti susu ini terbuat dari kacang soya. Kemudian ada juga susu almond yang cukup populer saat ini, susu almond sebenarnya sama seperti susu sapi atau susu soya lainnya hanya saja ditambahkan almond di dalamnya. Tidak kalah menarik dengan susu dengan perasa lainnya karena susu ini mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Susu almond bebas laktosa baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan diet karena sangat membantu dalam penurunan berat badan. Maka tidak sedikit yang menyebutnya sebagai susu sehat, karena selain itu kandungan yang terdapat dalam susu almond berupa riboflavin dan L-carnitine sangat baik itu meningkatkan daya kerja otak.

Selain itu karena terbuat dari susu, sudah pasti kalsium yang ada di dalam dapat menjaga kesehatan tulang, bagus untuk pertumbuhan otot dan banyak mengandung vitamin D.

Ada sebagian yang beranggapan bahwa susu almond dapat membahayakan kesehatan khususnya diabetes karena kandungan gula yang ada di dalam susu khususnya untuk susu almond yang dijual di toko.

Namun bila anda membuatnya sendiri di rumah makan semua tergantung kepada selera kita sendiri bukan? kita bisa membatasi batasan kadar gula yang akan kita tambahkan ke dalam susu. Selain itu susu almond juga mengandung protein yang rendah, jadi tidak cocok diberikan kepada anak – anak yang masih di bawah usia 1 tahun, karena si anak akan kekurangan nutrisi.

Anda dapat membuat susu almond sendiri?

Ya benar, anda dapat membuat susu almond di rumah anda sendiri, bahkan dengan peralatan yang sangat minim. Siapkan almond dan rendam dalam air semalaman, air akan terserap di dalam almond kemudian saring, lalu beri tambahan air dan blender sampai halus.

Hasilnya mungkin susu akan sedikit berbusa, anda tidak perlu risau karena yang harus anda lakukan adalah tinggal memisahkan busa dari hasil blender dan kemudian saring kembali sampai didapatkan susu tanpa ampas. segelas susu almond murni pun sudah dapat anda nikmati. Bila anda mau menambahkan perasa pada susu, ando boleh memberikan sedikit garam, perasa vanila sebelum diblender. Hasilnya tidak akan kalah nikmat dengan susu soya.

Jadi intinya adalah susu almond meskipun sebagai susu pengganti namun memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan susu lain dan cara pengerjaannya juga lebih mudah dibandingkan susu sapi yang dimana dalam pembuatannya susu harus dimasak terlebih dahulu, kemudian didinginkan. Sebagai tambahan karena susu almond ini tidak dimasak, maka setelah susu dibuat harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin, dan lebih baik bila susu di konsumsi secepat setelah waktu pembuatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *