Kuliner Khas Solo Paling Laris dan Legendaris

Kuliner Khas Solo Paling Laris dan Legendaris

Bigtupperbrewing – Solo terkenal akan wisata budaya dan keramahan masyarakatnya. Bukan hanya itu saja. Solo juga dikenal sebagai salah satu daerah yang menyajikan aneka makanan khas yang enak dan lezat. Tidak heran jika banyak wisatawan yang penasaran untuk mencicipi kuliner khas Solo. Tidak jarang mereka pun akhirnya ketagihan karena rasa makanan khas Solo yang ternyata sangat enak.

Cita rasa makanan khas Solo memang cocok untuk lidah orang Indonesia. Berbagai bumbu rempah yang digunakan pun membuat rasa masakan Solo semakin khas sebagai masakan tradisional Indonesia. Lantas, apa saja rekomendasi makanan khas Solo paling popular dan legendaris? Yuk, simak rekomendasi berikut ini!

Inilah, 5 Kuliner Khas Solo yang Paling Laris dan Legendaris

1. Selat Solo

Nama Selat Solo mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Namun, makanan khas ini sangat popular di kalangan masyarakat Solo dan sekitarnya. Selat Solo sendiri merupakan makanan khas daerah Solo yang telah mendapatkan pengaruh dari masakan Eropa. Kuliner ini berupa sup yang terdiri atas berbagai jenis sayuran, seperti tomat, wortel, selada, buncis, dan kentang goreng.

Nah, yang menjadi menu utama dari Selat Solo adalah daging bistik dan telur pindang. Dengan perpaduan bahan-bahan tersebut, maka Selat Solo akan memberikan sensasi segar dari potongan sayur yang ada di dalamnya. Selain itu, rasa kuah sup yang manis juga akan membuat masakan khas ini semakin terasa unik dan berbeda dari masakan khas lainnya.

2. Nasi Liwet

Bisa dikatakan bahwa Nasi Liwet merupakan ikon dari masakan tradisional khas Solo. Nasi Liwet memiliki cita rasa tradisional yang sangat lezat dan nikmat. Makanan khas Solo ini terdiri atas nasi liwet yang dilengkapi dengan ayam suwir, labu siam, dan telur rebus. Rasanya semakin nikmat dengan adanya siraman santan yang kental.

Menariknya lagi, nasi liwet tidak disajikan di atas piring seperti makanan lain pada umumnya. Kuliner ini disajikan di atas daun pisang. Karena rasanya yang enak dan penyajiannya yang unik, tidak heran jika nasi liwet selalu diburu oleh para wisatawan.

3. Tahu Kupat

Ingin mencicipi kuliner khas Solo yang rasanya segar? Tahu kupat merupakan pilihan yang tepat. Makanan ini berisi tahu goreng yang dipotong-potong, kemudian dikombinasikan dengan irisan kupat dan beberapa isian lainnya. Isian tersebut berupa kol, tauge, dan mie yang disiram dengan kuah kecap manis. Tahu kupat semakin nikmat jika disantap pada saat masih hangat

4. Tengkleng Kambing

Bagi Anda yang suka dengan aneka olahan daging kambing, maka sangat wajib untuk mencicipi tengkleng kambing khas Solo. Tengkleng sendiri merupakan sup yang isinya berupa tulang kambing dan mirip seperti gulai. Tengkleng kambing khas Solo ini menggunakan aneka perpaduan bumbu dapur yang membuat masakan slot online ini terasa sangat lezat.

Berdasarkan sejarah, makanan ini dahulu merupakan sajian untuk bangsawan Belanda. Namun, harga daging kambing yang mahal membuat masyarakat tidak mampu membelinya. Akhirnya, masyarakat membeli kepala, tulang, dan kaki kambing untuk membuat tengkleng. Oleh karena itu, tengkleng identik dengan tulang atau balungan.

5. Kembang Tahu

Tahok sebenarnya merupakan kuliner tradisional khas Tionghoa yang telah melegenda di Solo dan sekitarnya. Makanan khas Solo yang sering disebut kembang tahu ini berisi puding putih yang teksturnya sangat lembut. Bentuknya mirip seperti tahu sutra dan disiram dengan kuah hangat yang rasanya manis. Kuah tersebut dibuat dari bahan dasar daun pandan, jahe, sereh, dan gula merah.

Itulah beberapa kuliner khas Solo yang paling laris dan legendaris. Namun, masih banyak makanan dan jajanan lezat khas Solo lainnya yang tidak kalah wajib untuk dimiliki. Dengan banyaknya pilihan makanan khas Solo, maka jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka kuliner khas Solo yang sangat nikmat tersebut.


Comments are closed.