Tempat Kuliner Yang Lagi Trend di Pontianak

Tempat Kuliner Yang Lagi Trend di Pontianak

Bigtupperbrewing – Apa ada membaca website saya yang belum pernah ke Pontianak? Bila ada, posting saya kali ini berisikan info tempat kulineran yang dapat didatangi saat ada di Pontianak. Beberapa salah satunya benar-benar populer dan legendaris, seperti warung kopi asiang, serikaya sukahati, dan es cream Angi. Saya bertandang pertama kalinya ke Pontianak di bulan April 2019 lalu untuk aktivitas Forest Talk with Blogger Pontianak yang diadakan oleh Yayasan Doktor Sjahrir dan Climate Reality Indonesia.

Saya pergi bersama team panitia dan pembicara Forest Talk yakni Ibu Amanda Katili dari Climate Reality Indonesia, Mbak Atiek Widayati dari Tropenbos Indonesia, Mas Amril moderator acara talkshow, dan Hendika. Kami ada di Pontianak sepanjang tiga hari semenjak tgl. 19 April – 21 April 2019. Diantara aktivitas Forest Talk, kami punyai waktu senggang untuk berekreasi keliling Pontianak. Berikut aktivitas rekreasi kulineran yang saya kerjakan bersama team Forest Talk.

Rumah Makan Menu Tradisionil Ciri khas Pontianak

Saat tiba ke satu kota, seorang pelancong umumnya mempunyai kemauan untuk mencicip menu lokal tradisional sebagai keunikan wilayah di tempat. Di Pontianak, dimana tempatnya? Mas Suden, driver mobil yang kami sewa saat di Pontianak mereferensikan Pondok Ale-Ale. Di Restaurant berikut ini masakan ciri khas Pontianak dapat diketemukan. Presiden Jokowi juga pernah makan disini saat bertandang pada musim kampanye pemilu presiden 2019.

Di Pontianak ada 4 restaurant Pondok Ale-Ale. Masing-masing berada di Jl. Putri Dara Nante, Jalan Putri Candramidi (Podomoro), Ayani Megamall, Transmart Kuburaya dan yang terbatru berada di Jalan Sutoyo. Nah, yang di Jalan Sutoyo berikut sebagai tempat kami dinner. Alamat persisnya di Jalan letjen Sutoyo, Kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak.

Menu apa yang paling direferensikan oleh pelayan ke kami? Sudah pasti ale-ale, sang Kerang Putih. Ale-Ale ialah semacam kerang yang serupa dengan remis, tetapi mempunyai wujud lebih kecil. Cangkangnya warna putih dan dagingnya warna putih bening. Ale-ale cuma dapat diketemukan di Kota Ketapang, Kalimantan Barat. Karenannya penyebuatan Ale-Ale umumnya dituruti dengan Ketapang, jadi Ale-Ale Ketapang.

Ale-Ale umumnya dibuat jadi beberapa jenis masakan, salah satunya ale-ale rebus (paling simple), ale-ale asam manis, ale-ale bumbu mercon, dan serundeng ale-ale. Nah, di Pondok ale-ale ini cuma ada 2 opsi langkah masak. Ale Ale Asam Pedas atau Ale-Ale bumbu mercon. Menu favorite yang lain yang kami cicipi di Pondok Ale-Ale ialah Ayam Sizchuan, Gulai Pakis, Ikan Fillet Saos Lada, Mun Tahu Sutera Jamur, dan Oseng Tangkai Keladi.

Warga Kota Pontianak punyai budaya minum kopi yang kental. Karena itu, warung kopi banyak ditemui di beberapa pojok kota berjulukan Kota Khatulistiwa ini. Baik siang atau malam, beragam kalangan masyarakat isi kedai-kedai kopi untuk santai minum kopi. Tak terbatas dari yang muda sampai yang tua, pria atau wanita, miskin atau kaya, semua bercampur tanpa sekat-sekat pemisah bola pelangi. Dapat disebutkan, kopi seperti napas untuk orang Pontianak yang susah dipisah dari kehidupan setiap hari mereka lama.

Di Kota Pontianak banyak warung kopi yang dapat ditongkrongi, salah duanya ialah Warung Kopi Asiang dan Warung Kopi Aming. Saya dan kawan-kawan berkunjung ke-2 nya, tetapi disini saya cuma akan mengulas Warkop Asiang. Warkop Asiang sebagai warung kopi tradisional paling legendaris di Pontianak yang sudah berdiri semenjak tahun 1958. Dari dahulu sampai sekarang warkop Asiang benar-benar populer di kelompok pelancong lokal atau nasional. Yang membuat Warkop Asiang unik ialah rutinitas Koh Asiang bertelanjang dada saat menyeduh kopi. Rutinitas itu sudah jadi identitas yang membuat warkop Asiang kesohor.

Kami telah tiba ke Warkop Asiang di saat pagi. Sampai di warkop lebih kurang jam 8, dan saya merasakan pengunjung yang berjejal dalam atay di luar warkop. Untung kami masih kebagian tempat hingga dapat duduk rileks nikmati makan pagi. Terdapat beberapa pilihan menu untuk makan pagi seperti bubur ayam, bubur ikan, bermacam mie, dan yang lain. Tentu saja, ada bermacam jajan tradisional yang paling pas jadi rekan untuk meminum kopi.

Warung Kopi Asiang, Jalan Merapi, Pontianak, Kalimatan Barat.

Pisang Goreng Pontianak tidak hanya akrab dalam telingan, tetapi juga di lidah, jauh saat sebelum saya bertandang ke Pontianak. Di BSD tempat saya tinggal ada 2 warung Pisang Goreng Pontianak. Warung pertama berada di Jalan Pahlawan Seribu BSD City, depan jejeran show room mobil. Warung ke-2 di Pasar kekinian BSD. Pisang goreng di ke-2 tempat itu sama nikmat dan jadi kegemaran saya. Tetapi, sudah pasti jadi sedikit berlainan bila pisang goreng dibeli dan langsung dimakan di Pontianak, yakan? Ada kesan tertentu yang membuat pengalamn makan pisang goreng Pontianak menjadi lebih faedah.

Untuk nikmati Pisang Goreng Pontianak nikmat di Pontianak kami bertandang ke Warung Sukai Hati. Tempat ini benar-benar populer dan jadi favorite pelancong yang ingin nikmati pesang goreng di Pontianak. Selainnya pisang goreng, sudah pasti Serikaya menjadi produk khusus di Sukai Hati. Disini selai serikaya yang dibuat dari serikaya asli dapat diperoleh. Ada paket kecil, sedang, dan besar. Kita tinggal tentukan semua sesuai keperluan. Sedang pisang gorengnya, dapat diminta untuk dibawa pulang sebagai oleh-olehan.

Kami tiba ke Suaki Hati pada kondisi sempit waktu karena tergesa-gesa ke lapangan terbang. Maka, kami cuma tiba untuk ambil pisang goreng yang telah diminta lebih dulu lewat telepon. Karena untuk oleh-olehan, pisang goreng pesanan kami dimasak 1/2 masak. Jika akan dikonsumsi, baru dimasak ulangi hingga masak. Harga 1 posong pisang goreng di bandrol seharga Rp. 4.000,-.

Pondok Kakap

Restaurant Seafood Nikmat di Kota Pontianak Fans seafood dapat bersenang hati bila bertandang ke Pontianak. Masalahnya di Pontianak ada beberapa rumah makan yang menyuguhkan seafood nikmat, satu diantaranya yang kesohor ialah Restaurant Pondok Kakap.

Sahabis acara Forest Talk yang diadakan semenjak pagi sampai siang hari, sorenya kami keliling kota pergi berekreasi ke sejumlah tempat populer seperti Titik Khatulistiwa, Sungai Kapuas, Alun-Alun Kota, Rumah Radakng, dan yang lain. Sesudah senang berkeliling-keliling, malamnya kami cari tempat untuk makan malam. Opsi bu Amanda ialah makan menu seafood. Cocok sekali saya sedang ingin sekali makan kepiting. Jadilah kami ke Pondok Kakap, rumah makan seafood referensi Bang Suden, Driver kami.

Makan seafood memang menjadi opsi menarik sesudah malam awalnya senang mencicip masakan tradisional Kalimantan Barat di Pondok Ale-Ale. Di Pondok Kakap kami pesan menu Ikan Betutu Steam Kecap, Sapo Tahu, Kepiting Saos Padang, Kepiting Lada Hitam, Oseng Pare, dan Oseng Pakis.

Pondok Kakap, Jl. Ismail Marzuki No. 33A, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243, Tutup jam 22.00.


Comments are closed.