Beberapa Jenis Tanaman Kaktus Yang Bisa di Makan

Beberapa Jenis Tanaman Kaktus Yang Bisa di Makan

Bigtupperbrewing – Selain menjadi tanaman hias, ternyata ada juga beberapa jenis kaktus bisa dimakan. Bahkan, kandungan dari buah kaktus ini memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa memang tidak semua jenis kaktus bisa Anda makan. Bahkan, ada beberapa jenis kaktus yang beracun dan sangat berbahaya apabila terkena kulit manusia.

Jenis Kaktus Bisa Dimakan

Nah, untuk jenis kaktus yang bisa dimakan ini pada umumnya bisa Anda temukan di kawasan Amerika Latin. Namun, kini tanaman kaktus yang bisa dimakan bahkan sudah banyak ditemukan di Indonesia. Lantas, apa saja jenis kaktus yang bisa dimakan? Berikut ulasannya untuk Anda.

Buah Naga

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak mengetahui bahwa buah naga merupakan salah satu jenis kaktus. Perlu Anda ketahui, bahwa buah naga termasuk dalam family actaceae dan subfamili dari hylocereanea dalam genus hylocereus. Bentuk dari buah naga ini sendiri adalah memanjang dengan duri yang pendek. Bahkan, beberapa jenis duri tersebut malah tidak tampak. Jika ditinjau secara rasa, buah naga ini memang memiliki rasa yang cukup segar. Bahkan, buah naga juga disebut mirip dengan buah melon dan kiwi. Dalam buah naga juga terdapat biji yang sangat aman apabila tidak sengaja tertelan. Daging buahnya pun memiliki banyak variasi, ada yang berwarna putih, merah keunguan, dan ada juga yang berwarna merah.

Buah naga kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh, dan mengandung 80% air. Selain itu, buah naga juga mengandung zat besi, magnesium, vitamin B, protein, fosfor, kalsium, hingga serat.

Prickly Pear

Di Indonesia, memang buah prickly pear ini sangat asing, bahkan jarang ditemukan. Prickly pear merupakan kaktus yang tumbuh subur di tanah kering dan berpasir. Pada umumnya, buah yang satu ini sangat mudah sekali Anda temukan di kawasan Amerika Utara. Jika dilihat dari tampilannya, buah prickly pear ini memang tidak jauh berbeda dengan buah naga. Namun, ukuran buahnya jauh lebih kecil dan memiliki biji yang cukup banyak. Buah Prickly pear ini mengandung pektin yang mampu menurunkan kebutuhan akan insulin bagi para penderita diabetes. Selain itu, kandungan lainnya juga mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Kaktus Barel

Duri yang ada pada kaktus barel ini sangatlah beracun, dan cukup berbahaya jika sampai tersentuh kulit manusia. Hal ini dikarenakan duri kaktus barel bisa menyebabkan iritasi. Namun, meski durinya beracun, tapi buahnya sangatlah segar dan aman untuk dikonsumsi. Buah kaktus barel ini memiliki bentuk yang mirip dengan nanas bola pelangi, namun untuk ukurannya memang jauh lebih kecil dan tidak berduri.

Rasa dari buah kaktus barel ini sangatlah segar. Buah kaktus barel sendiri bisa Anda konsumsi secara langsung, atau bisa juga Anda olah terlebih dahulu menjadi jus yang segar. Buah kaktus barel ini memang cukup sulit ditemukan di wilayah Indonesia. Biasanya, buah yang satu ini tumbuh sangat subur di daerah gurun. Kaktus barel juga bisa Anda temui di wilayah Amerika, khususnya di daerah southwest.

Agave

Berbeda dengan jenis kaktus sebelumnya, untuk agave yang bisa Anda makan adalah batang daunnya dan bukan daging dari buahnya. Agave sendiri memiliki kandungan gula pada bagian batangnya yang digunakan sebagai pengganti gula. Caranya, panggang batang daun kaktus agave hingga mengeras. Kemudian, peras hingga airnya keluar. Air inilah yang kemudian bisa Anda konsumsi. Namun, hal ini tidak disarankan untuk penderita hiperglikemia. Sebab, kandungan kalorinya sangatlah tinggi.

Selain batangnya, bunga dari agave juga bisa Anda makan. Caranya adalah dengan mengukusnya sebentar saja hingga daun layu. Setelah itu, bisa Anda campurkan ke dalam sayur buatan Anda. Sayangnya, bunga agave ini sangatlah seidkit. Hal ini dikarenakan bunganya sangat mudah sekali rontok.


Comments are closed.