5 Makanan yang Wajib Dicoba Saat ke Jogja

5 Makanan yang Wajib Dicoba Saat ke Jogja

Bigtupperbrewing – Selain dikenal sebagai kota pelajar, Jogja juga terkenal sebagai surganya makanan tradisional. Tidak hanya wisatawan lokal, banyak sekali wisatawan mancanegara yang cuka dengan makanan Jogja. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini merupakan 5 makanan jogja yang wajib dicoba:

1. Guged Mbah Lindu

Salah satu tempat gudeg favorit di Jogja adalah gudeg mbah Lindu. Memiliki citarasa tradisional, ternyata gudeg mbak Lindu ini sudah berdiri hampir 100 tahun, loh. Gudeg mbah Lindu pertama kali didirikan oleh mbah Lindu saat usiannya 13 tahun. Namun kini gudeg mbah Lindu sudah digantikan oleh anaknya dengan resep yang turun temurun. Nah untuk kamu yang berminat, kamu dapat membelinya di Jalan Sasrowijayan, 300 meter dari Malioboro.

2. Mangut Lele Mbah Marto

Bagi kamu pecinta mangut, wajib banget cobain mangut lele mbah Marto yang berlokasi di Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta. Mangut lele ini dibuat dari resep turun temurun mbah marto dengan citarasa tradisional. Masakan jogja ini memiliki perpaduan rasa smoky ikan asap di tambah dengan kuah pedas yang dijamin akan membuatmu tidak bisa berhenti makan.

3. Saoto Bathok Mbah Karto

Sesuai dengan namanya, Saoto bathok disajikan menggunakan “bathok” atau dalam bahasa Indonesiannya adalah tempurung kelapa. Tidak hanya memiliki citarasa tradisional, di warung saoto mbah katro ini kamu juga bisa makan sambil lesehan di pinggi sawah dan menikmati pemandangan. Untuk kamu yang tertarik, kamu dapat berkunjung di jalan Candi Sambisari nomor 6, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

4. Angkringan kopi jos lek Man

Salah satu angkringan legendaries di Jogja adalah Angkringan jos lek man. Angkringan ini berlokasi di dekat stasiun Tugu Jogja yang sudah berjualan sejak tahun 1960 an. Salah satu menu legendariesnya di kopi jos lek man adalah kopinya. DIsini, kopi yang sudah matang akan dicelupi arang panas yang masih menyala sampai mengeluarkan asap. Selain menjual kopi, di warung mpo88 ini juga menjual berbagai sate satean seperti sate usus, sate telur, sate ampela, dan masih banyak lagi.

5. Mi Ayam Tumini

Mi Ayam Tumini sudah berdiri sejak tahun 1990 dengan resep turun temurun yang khas. Makanan Jogja ini memiliki ukuran mi yang sedikit lebih besar daripada jenis mi lainnya. Selain itu, tambahan kuah dan bumbu berwarna coklat akan menambah citarasa mi ayam menjadi lebih lezat dengan bumbu medoknya. Sebagai pelengkap, kamu dapat memesan ceker ayam serta tambahan kerupuk.

Itulah beberapa makanan Jogja yang wajib dicoba. Dengan sentuhan tradisional, di jamin akan membuatmu semakin betah berkunjung ke tempat ini. Inilah beberapa alasan mengapa masakan Yogyakarta banyak disukai.

Berikut ini merupakan alasan mengapa masakan Jogja banyak disukai:

  • Dibuat dengan cara tradisional

    Dijaman yang serba modern ini, jarang sekali ditemui masakan yang masih menggunakan cara tradisional. Padahal, masakan yang dibuat dengan cara tradisional memiliki rasa yang lebih sedap dan lezat. Karena itulah, makanan tradisional di Jogja banyak disukai dan dicari.
  • Rasa Bumbu Rempah Khas

    Masakan Jogja dikenal karena bumbu rempah khas yang jarang ditemui pada masakan lain. Selain itu, beberapa tempat makanan menggunakan resep turun temurun dan autentik.
  • Unik dan Murah

    Karena keunikannya, banyak orang tergiur dan tertarik untuk membeli makanan di Jogja. Selain itu, banyak makanan Jogja yang memiliki harga ramah di kantong.

Itulah beberapa alasan mengapa makanan Jogja banyak disukai. Karena beberapa hal diatas, tak jarang makanan di Jogja laris terjual dan menimbulkan antrian yang panjang.


Comments are closed.