5 Tempat Kuliner Enak di Kota Madiun

5 Tempat Kuliner Enak di Kota Madiun

Bigtupperbrewing – Madiun memang rekat hubugannya dengan kulineran ciri khas yang telah diketemukan hampir di tiap jengka Indonesia yaitu Nasi Pecel. Kota Madiun sebagai kota yang ada di Propinsi Jawa Timur tetapi berdekatan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah. Kota Madiun mempunyai bermacam tipe rekreasi alam, riwayat, dan sudah pasti kulinerannya. Kota Madiun dikenal juga dengan panggilan Kota Gadis (tidak boleh ngeres dulu), karena Gadis aialah ringkasan dari Perdagangan, Pengajaran, dan Industri karena sesuai keadaan yang ada, satu diantaranya ialah pusat Industri Kereta Api (INKA) punya Indonesia.

Lawatan saya kali ini semakin banyak mendalami mengenai kulineran *elus-elus perut, ingat rekreasi kulineran paling akhir yang membuat saya jatuh hati ialah saat ada di Cirebon. Tetapi yang ingin mentelusurinya Madiun selanjutnya, tidak boleh cemas karena telah banyak pemondokan atau hotel di Madiun.

5 Referensi Kulineran Madiun

Kota yang berada 160km samping Barat kota Surabaya, atau 111 km samping timur dari Surakarta Jawa Tengah telah terlanjur populer dengan kulineran pecelnya. Walau sebenarnya Madiun mempunyai macam kulineran yang pantas dicoba, saya sempat mecicip 5 kulineran Madiun dalam kurun waktu segera saya yang cepat.

Gado-Gado dan Tahu campur Pak Tomo

Salah satunya tempat rekreasi kulineran Madiun yang cukup terkenal ialah Warung Pak Tomo. Di warung ini kalian akan dihidangkan dengan bermacam kulineran ciri khas Madiun satu diantaranya ialah Gado-Gado dan tahu campur. Gado-gado dan tahu campur yang berada di Warung Pak Tomo ini begitu enak dan menjadi tempat kulineran yang cukup legendaris dan populer di Madiun. Kalian dapat mendapati warung makan ini di Jalan Biliton, Madiun.

Tahu Telor

Janganlah lupa untuk mencicip telor ciri khas Madiun atau umum disebutkan dengan tahu pentas. Hal yang paling mengunggah hasrat dari makanan ini ialah siraman bumbu kacang yang bersatu dengan lontong, toge, dan tahu. Khusus untuk tahu telor, rumah makan yang populer paling sedap ialah yang ada di Jalan Merbabu. Sebelumnya tempat ini dikenali dengan panggilan Depot Tahu Telor dan sekarang oke bernama rumah makan “Depot Rasa Tunggal”.

Ayam Bakar Cobek

Khusus untuk kalian yang suka makan ayam bakar, kalian harus juga menyicipi sebuah olahan ayam bakar yang berada di Madiun yaitu Ayam Bakar Cobek. Warung makan yang berada di Jalan Kelapa Manis ini sediakan olahan ayam bakar yang lain dengan ayam bakar secara umum mpo88. Saat dihidangkan, ayam bakar akan ditaruh di atas cobek yang berisi sambal dan lahapan langsung. Ayam bakar madu jadi menu unggulan yang berada di tempat rekreasi kulineran Madiun ini.

Rawon Chedak Klenteng

Bukan hanya pecel, keberagaman rekreasi kulineran Madiun populer dengan menu rawon yang paling sedap tetapi pada harga yang dapat dijangkau. Rawon sebagai makanan ciri khas Madiun yang dihidangkan dengan kuah petis hingga rasanya juga unik dan tentu saja sedap. Kalian dapat berkunjung rumah makan yang ada di Jalan Cokroaminoto pas di samping Klenteng untuk nikmati kulineran Rawon yang menjadi legenda ini.

Dawet Suronatan Madiun

Sebagai penutup, ada satu minuman ciri khas yang sayang sekali untuk dilewati, yaitu Dawet Suronatan. Dawet ini sangat populer di wilayah Madiun dan sekelilingnya semenjak tahun 80-an kemarin. Formasi dari Dawet Suronatan terbagi dalam bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape, dan tentu saja cendol. Bila ingin mencicip dawet ini kalian dapat berkunjung tempatnya yang ada tidak jauh dengan lokasi rumah makan Depot Rasa tunggal, persisnya di Jalan Merbabu, Mangun Harjo yang tidak jauh dari pusat perkotaan dan Hotel Kartika Kekal, salah satunya hotel di Madiun.

Kulineran Madiun Dawet Suronatan

Ketenarannya membuat Dawet Suronatan ini sudah mempunyai cabang ke-2 yang ada di Jalan Panjaitan atau cuma memiliki jarak 100m dari alun-alun kota Madiun dan kompleks pemerintah kabupaten Madiun. Sekalian nikmati Dawet Suronatan, beberapa pengunjung bisa juga beli bermacam tipe gorengan dimulai dari tempe, tahu, bakwan, dan yang lain. Gorengan dan Dawet Suronatan memang gabungan yang paling cocok dikonsumsi saat berlibur ke Madiun.

Saya cukup mengucapkan syukur dapat nikmati dan menambahkan wacana saya mengenai kulineran lokal di Kota Gadis. Kemungkinan lain waktu saya akan berkunjung semakin lama untuk nikmati kulineran yang lain dan menelusuri rekreasi alam. Karena Kota Madiun sendiri telah banyak memiliki sarana fasilitas yang ideal. Banyak pemondokan atau hotel di Madiun juga terpadu di jaringan Traveloka dengan service customer 24 jam.


Comments are closed.