5 Kuliner Jogja Rekomended Pilihan Para Wisatawan

5 Kuliner Jogja Rekomended Pilihan Para Wisatawan

Bigtupperbrewing – Yogyakarta selain terkenal sebagai kota wisata juga terkenal dengan Kota kuliner.Makanya, ketika berkunjung ke Yogyakarta tidak afdol tanpa icip-icip kulinernya. Kuliner Jogja rekomended banyak kamu temui, baik di pinggir jalan hingga restoran besar.

5 Kuliner jogja rekomended

Kuliner kota Jogja itu beraneka macam. Namun, ada beberapa kuliner khas yang wajib kamu coba, seperti :

  1. Gudeg

Kuliner khas Jogja satu ini identik dengan rasa manis dan menjadi salah satu ikon kulinernya Yogyakarta. Secara umum, penyajiannya bersama ayam kampung, tempe, sambal goreng krecek, dan telur. 

Kalau kamu pecinta kuliner pedas, Gudeg bromo bisa jadi pilihan. Gudeg Bromo disajikan dengan rasa pedas. Kamu bisa memilih sesuai selera, ayam juga tingkat kepedasannya. Kamu bisa mengunjungi Gudeg Bromo, di Jalan Affandi No 2-A. Jam bukanya 11 malam sampai 5 pagi.  

  • Sate Kere

Jogja memiliki kuliner sate khas layaknya daerah lain, yakni Sate Kere. Sate ini terletak di Malioboro, tepatnya di sekitar Pasar Beringharjo. 

Sate kare merupakan Sate yang bahan dasarnya dari jeroan sapi. Penyebutan Sate Kere berawal dari lokasi penjualan yang ada di emperan pasar dengan harga yang bersahabat dengan kantong. 

Pendapat lain menyatakan bahwa Kere artinya adalah “miskin”. Alasannya pada zaman dulu hanya orang kalangan bawah saja yang mengkonsumsi sate ini. Dahulu sate kere di buat dari ampas tahu atau tempe gembus, belum memakai jeroan sapi.  

Kamu bisa berkunjung ke salah satu warung sate kere yang merupakan langganan pak Jokowi. Sate kere Mbak Tug yang ada di Jalan Arifin. 

  • Soto Sampah 

kuliner khas Jogja satu ini dari namanya memang terkesan tidak mengundang selera. Namun jangan salah, wisata kuliner Jogja malam hari ini sangat legendaris bagi masyarakat Jogja.

Soto sampah memiliki catatan sejarah unik. Pada masa lampau soto sampah disebut juga Soto Becak atau Soto Simak. Alasannya dulu soto ini langganannya sebagian besar adalah tukang becak. 

Penyebutan soto sampah, karena penyajian soto ini acak-acakan. Isian dari soto sampah mulai dari gajih sapi, irisan Kol, bihun, tauge, ditambah siraman kuah soto. Meski penampilannya yang berantakan, soto ini rasanya enak-enak seger. Kamu bisa berkunjung ke Jalan Kranggan No. 2, Cokrodiningratan, Kec.Jetis, Kota Yogyakarta untuk menikmati kuliner satu ini. 

  • Bakmi Jawa

Bakmi Jawa berbeda dengan Mie Nyemek. Kuliner Bakmi jawa banyak di buru wisatawan, sebab rasanya yang berbeda dari jenis bakmi yang lainnya.

Salah satu Bakmi Jawa terkenal di Jogja adalah Bakmi Jawa Jogokariyan Pak Furqoni. Tersedia menu Bakmi Jawa, seperti Bakmi goreng, godog dan menu lainnya. Alamatnya berada di Jalan Modang No. 482, Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. 

  • Mangut Lele Mbah Marto

Kamu harus banget menikmati kuliner khas Jogja satu ini, Mangut Lele Mbah Marto. Warung ini unik, sebab makanan langsung disajikan di pawon (sebutan orang jawa untuk dapur). 

memasaknya juga masih mengandalkan sabut kelapa dan kayu bakar, dan masih memakai tungku dari batu bata. Menu paling terkenal dari warung ini adalah gudeg dengan tambahan lele asap. rasa pedas dan kuahnya yang segar bikin nagih. 

Kamu bisa mengunjungi warung ini di Dusun Nengahan, Ngiri-Ngiri, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Meski lokasinya lumayan masuk ke perkampungan, namun warung ini sudah terkenal. Jadi kamu tidak perlu  sulit-sulit  mencarinya.

Beberapa kuliner Jogja rekomended diatas bisa kalian dapatkan tanpa harus menguras kocek dalam-dalam. Selamat menikmati liburan dan selamat berwisata kuliner di Kota Pelajar. 


Comments are closed.