Cara Membuat Sempolan Ala Jajanan Sekolah

Cara Membuat Sempolan Ala Jajanan Sekolah

Bigtupperbrewing – Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sempol ayam. Resep dan cara membuat sempolan kini kerap wara wiri di food blogger dan sosmed, banyak pula yang tertarik untuk mencobanya hari ini.

Sempol ikan atau ayam ini menurut wikipedia merupakan gorengan dari tepung tapioka yang berasal dari Pemalang, Jawa Tengah. Sempolan biasanya berbentuk lonjong dan ditusuk dengan lidi. Banyak yang mulai mengenal sempolan di sekolah-sekolah. Pada umumnya sempolan ini memang jajanan yang sudah umum juga di jual di sekolah.

Untuk masalah penggunaan garam setiap orang pasti berbeda, sebaiknya diberikan secara bertahap kemudian tes rasa dengan cara merebus sedikit adonan ke dalam air mendidih/digoreng, agar tau rasa asinnya sudah pas atau belum.

Mengapa jadi penting? karena kalau kurang asin atau terlalu asin sangat disayangkan dan agak mengecewakan. Jadi ada baiknya cara membuat sempolan nya repot sedikit tapi hasil memuaskan. Setelah garam dirasa cukup, bisa dilanjutkan dengan mencetak adonan dan menusuknya dengan lidi atau dengan batang es krim hingga adonan habis.

Jika anda rajin stok cemilan di kulkas tidak ada salahnya mencoba resep ini, dijamin anak-anak atau bahkan orang yang bertamu ke rumah pasti suka situs slot deposit linkaja. Apalagi saat musim hujan, kalau lapar koprol saja ke dapur, lalu tinggal goreng sempolnya. Berikut resep dan cara membuat sempolan diantaranya

Bahan A :

  • 100 gr tepung terigu
  • 200 gr daging ayam giling
  • 1 butir telur
  • 175 gr tepung kanji/sagu
  • 3 tangkai daun bawang ( rajang halus)

Bahan B :

  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap rasa ( jika suka )

Bahan C :

  • 2 butir telur
  • Sedikit garam

Bahan pelengkap :

  • Tusuk sate secukupnya

Cara membuat sempolan :

  1. Langkah pertama yaitu, haluskan bahan B lalu campurkan bahan B ke dalam bahan A dan cicipi ( koreksi rasanya). Jika dirasa sudah pas, segera aduk hingga bisa dibentuk, kalau adonan dirasa kurang cair dapat tambahkan air atau mentega cair sedikit. Apabila terlalu encer bisa tambahkan tepung sagu ( sesuai selera ).
  2. Selanjutnya, kocok bahan C. Lalu ambil adonan secukupnya dan kepal-kepalkan ke tusuk sate. Kemudian rebus air hingga mendidih. Setelah itu masukkan sempol hingga matang.
  3. Terakhir, jika sempol sudah matang, segera angkat lalu tiriskan. Kemudian celupkan ke kocokan telur (bahan C ) dan goreng dengan takaran api sedang. Setelah terlihat setengah matang, segera celupkan kembali ke kocokan telur dan goreng lagi hingga matang. Setelah matang, angkat, tiriskan dan sajikan bersama saus tomat atau bumbu kacang agar rasanya makin maknyus

Sempolan ini mulai booming di daerah Pekalongan sekitar lima bulanan yang lalu. Makanan khas Pati yang menjamur di Pekalongan ini terbuat dari tepung singkong yang di campur dengan ikan bandeng atau tenggiri lalu dililitkan di lidi yang panjang, kemudian digoreng dengan dicelupkan dahulu kedalam telur yang sudah dikocok. Maka dicocol saus sambal.

Bak jamur di musim penghujan, belakangan ini banyak muncul pedagang sempolan di pinggir jalan dan sekolahan, tidak hanya berbahan ikan tapi juga ayam. Mungkin juga karena banyak penggemarnya. Kalau soal rasa memang cenderung enak.

Yang menarik lagi, sempolan ini mirip sekali dengan sate lilit. Jadi, kalau mau makan sempolan, sepertinya Anda tidak perlu beli, karena bisa membuat sendiri di rumah. Informasi cara membuat sempolan di atas bisa menjadi acuan untuk membuat sempolan di rumah.


Comments are closed.