Mencicipi Gudeg Jogja Yang Legendaris

Mencicipi Gudeg Jogja Yang Legendaris

Bigtupperbrewing – Gudeg, makanan khas jogja adalah salah satu makanan khas yang diminati oleh beberapa orang, rasanya yang khas dan manis membuat orang ingin mencicipi gudeg jogja.

Gudeg adalah buah nangka muda (gori) direbus di atas tungku sekitar 100 derajat celcius selama 24 jam untuk menguapkan kuahnya. Sebagai lauk pelengkap, daging ayam kampung dan telur bebek dipindang yang kemudian direbus. Sedangkan rasa pedas merupakan paduan sayur tempe dan sambal krecek.

Gori atau nangka muda, adalah bahan baku utama gudeg yang lebih umum dikenal. Sebab di masa lalu, bahan baku ini sangat mudah diperoleh di kebun-kebun milik masyarakat Jogjakarta, dulu orang Jogja hanya mengenal satu jenis gudeg, yakni gudeg basah. Gudeg kering dikenal setelahnya, sekitar 57-an tahun dari saat sekarang ini.

Hal ini setelah orang-orang dari luar Jogja mulai membawanya sebagai oleh-oleh dan banyak yang bisa mencicipi gudeg khas jogja. Keuntungannya, gudeg pun tumbuh sebagai home industry makanan tradisional di Jogja.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Jogja dan rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi gudeg Jogja. Tidak hanya rasanya tapi juga kemasan gudeg atau oleh-oleh khas Jogja ini dikemas menarik dengan menggunakan ‘besek’ (tempat dari anyaman bambu) atau menggunakan ‘kendil’ (guci dari tanah liat yang dibakar). Melengkapi sajian nasi gudeg akan lebih pas disertai minuman teh gula batu. Dijamin Anda akan ketagihan.

Ada berbagai macam gudeg lain yang memiliki beragama cita rasa. Dari gudeg yang gurih, pedas membara, sampai unik. Berikut adalah tempat-tempat yang menyajikan sejumlah lokasi tempat makan gudeg legendaris di Jogja yang bisa Anda coba.

  1. GUDEG YU DJUM

Inilah salah satu warung makan gudeg paling populer di Jogja. Selain dimakan langsung, bisa juga dibungkus dalam kemasan besek (wadah dari anyaman bambu) dan kendil (periuk). Saat ini sudah ada sejumlah cabang di Jalan Kaliurang, Jalan Adisucipto, Wates, Wonosari, dan lain-lain.

  • GUDEG YU NARNI

Rasa gudeg Yu Narni tidak terlalu manis dan sedikit asin. Dengan tambahan berbagai bumbu, gudeg kering ini awet seharian dalam suhu ruangan. Saat ini sudah ada beberapa cabang yaitu di Jl. Kaliurang, Jl. Monjali, di sebelah utara Tugu Jogja, dan di Jl. Magelang Km 11.

  • GUDEG MBAREK BU HJ. AMAD

Buka sejak pagi hari, Gudeg Bu Hj. Amad bisa menjadi tempat sarapan yang enak. Hanya dengan belasan ribu, bisa menikmati sepiring nasi hangat lengkap dengan gudeg nangka, sambal krecek dan tempe, serta berbagai lauk seperti telur dan daging ayam. Nikmat!

  • GUDEG SAGAN

Bosan makan gudeg dengan nasi? Di Gudeg Sagan, kamu bisa mengganti nasi dengan bubur. Sensasinya jadi berbeda, tapi tetap nikmat. Sangat enak saat kuah gudeg yang gurih bercampur dengan bubur yang lembut di lidah.

  • GUDEG PAWON

Ingin menikmati suasana malam Jogja? Di Rumah Makan Gudeg Pawon, kamu bisa melakukannya sambil makan sepiring gudeg yang enak. Lokasi tempat ini memang agak terpencil dan sempit, tapi gudeg basahnya adalah salah satu yang paling legendaris di kota ini.

Gudeg wajib dicoba. Makanan yang terbuat dari buah nangka muda yang dimasak bersama santan, gudeg terkenal karena rasa manisnya yang legit. Biasanya gudeg dimakan bersama sambal krecek yang terbuat dari potongan kulit sapi. Supaya makin lengkap, bisa juga ditambah lauk-pauk seperti telur dan daging ayam.

Itulah deretan tempat makan di Yogyakarta yang menjual gudeg. Ternyata menu dan harganya bervariasi sekali. Tinggal pilih saja yang sesuai dengan keinginan Anda situs slot deposit gopay. Ingat, anda belum sah tinggal atau liburan di Jogja kalau belum mencicipi gudeg Jogja.


Comments are closed.